Sabtu, 07 Januari 2012

Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan

Menentukan kedudukan badan usaha dan perusahaan sangat berhubungan dengan masalah lokasi. Lokasi badan usaha adalah tempat dilaksanakannya kegiatan–kegiatan organisasi dan administrasi badan usaha. Lokasi ini biasa disebut tempat kedudukan pimpinan perusahaan. Lokasi perusahaan adalah tempat kegiatan teknis yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Lokasi badan usaha dan lokasi perusahaan bisa terletak pada satu tempat dan bisa pula terpisah tempatnya. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi (tempat) kedudukan badan usaha dan perusahaan.
1.      Tempat yang terikat pada alam
Lokasi ini tak dipengaruhi manusia dan harus terdapat di tempat lahan dasar itu dihasilkan. Tempat ini sesuai badan usaha ekstraktif dan agraris.

2.      Tempat yang berdasarkan sejarah
Jika badan usaha bergerak di bidang yang sifat usahanya turun-temurun, maka harus dicari di daerah yang sudah menjadi trademark bagi masyarakat. Dan tempat ini sesuai dengan perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang memiliki kekhasan. Misalnya, produksi batik di Yogyakarta, payung di Tasikmalaya.

3.      Tempat berdasarkan peraturan pemerintah
Letak perusahaan untuk usaha-usaha tertentu, ditentukan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan pemerintah demi keamanan masyarakat. Misalnya, perusahaan senjata, peternakan, dan perusahaan yang banyak menghasilkan polusi seharusnya jauh dari pemukiman penduduk.

4.      Tempat berdasarkan pertimbangan ekonomi
Agar barang yang dihasilkan harganya murah dan terjangkau masyarakat, maka letak badan usaha diusahakan dekat dengan pasar, dekat dengan tenaga kerja dan dekat dengan bahan baku sehingga biaya produksi rendah. Misalnya, tempat perusahaan dagang sebaiknya terdapat di tempat konsumen dan tempat perusahaan industri harus dekat dengan bahan baku, pasar dan dekat tenaga air dan listrik.

5.      Tempat menurut lapangan usaha yang dilakukan
Peternakan sapi perah, perusahaannya terletak di daerah dingin dimana sesuai dengan usaha yang dilakukan yang membutuhkan daerah yang dingin atau daerah pegunungan. Misalnya, peternakan sapi perah di Nongkojajar, Pasuruan.

1 komentar:

farranabee mengatakan...

BetMGM: The Sportsbook - Mapyro
Compare 화성 출장샵 reviews, opening hours and a parking map of 김포 출장안마 BetMGM Sportsbook at 13200 Pennsylvania Ave 사천 출장샵 in 김제 출장샵 Address. 1.4 mi (0.4 km) from MGM 창원 출장샵 Grand. Closed.

Posting Komentar