Sabtu, 07 Januari 2012

Pengelolaan Badan Usaha

Badan usaha yang didirikan yang didirikan bertujuan mencari laba dan melayani masyarakat. Usaha untuk mencapai laba yang diinginkan dalam wadah yang disebut perusahaan. Tujuan perusahaan adalah menghasilkan barang atau jasa. Barang dan jasa yang akan dihasilkan memerlukan bahan baku atau faktor produksi. Semakin banyak faktor produksi yang digabung untuk menghasilkan barang atau jasa, maka semakin besar kemungkinandiperoleh hasil yang lebih besar (banyak).
Kegiatan usaha yang dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa dengan menggabung faktor-faktor produksi yang tersediadipengaruhi oleh faktor ekonomi dan non ekonomi. Faktor ekonomi berupa perhitungan biaya yang harus dibayar terhadap balas jasa pemakaian faktor produksi. Faktor ekonomi disebut juga faktor internal yang merupakan faktor-faktor yang berada dalam kegiatan badan usaha dan berpengaruh langsungkepada hasil produksi, seperti tenaga kerja, modal, bahan mentah, perlatan, dan sumber-sumber ekonomi lain yang dipakai dalam kegiatan badan usaha. Sedangkan faktor non ekonomi berupa kejadian yang tidak dapat diperhitungkan sebelumnya (di luar kemampuan manusia), seperti keadaan alam, keamanan kemajuan pendidikan dan teknologi, budaya, dan struktur perekonomian.
Semua kegiatan dalam pengelolaan badan usaha pada dasarnya ditujukan untuk kemajuan perusahaan dan kemakmuran karyawannya. Untuk tujuan tersebut, badan usaha harus dikelola secara profesional, yaitu dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Pengeloaan badan usaha juga harus dipegang oleh orang-orang yang berjiwa pengusaha, dengan selalu menerapkan norma-norma yang berlaku dan selalu bertindak manusiawi dalam menjalankan usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar